7 Tips Bangun Rumah di Lahan Sempit Ala Rumah Numma, Butuh Perhitungan yang Sangat Matang!

Bangun rumah di lahan sempit bukan perkara mudah, bahkan memerlukan perhitungan dengan matang. Untuk itu, simak tips secara lengkap ala Rumah Numma berikut ini!

Keterbatasan tak menghalangi seseorang untuk mewujudkan rumah impian, meski berada di lahan yang sempit.

Meski berada di lahan terbatas, sebuah rumah bisa tegak berdiri dan memiliki aspek kenyamanan yang sangat baik.

Bukan hanya sekadar nyaman untuk ditinggali, aspek keterjangkauan juga menjadi hal penting yang perlu disiasati.

Apabila kamu memiliki hunian yang ingin direnovasi atau tanah kosong di lahan sempit, tak ada salahnya untuk membangun sebagai rumah idaman untuk keluarga.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Mbak Dini dari Rumah Numma, dimana ia berhasil membangun rumah di lahan sempit secara efektif dan tepat guna.

Apa saja tips menarik untuk bangun rumah di lahan sempit yang perlu diketahui untuk kaum milenial? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tips Bangun Rumah di lahan Sempit Ala Rumah Numma yang Bisa Jadi Inspirasi Terbaik

Ada beberapa hal penting untuk mewujudkan rumah di lahan sempit yang layak diaplikasikan dalam kehidupan nyata sebagai berikut :

  1. Pentingnya Mengukur Kembali Ukuran Rumah

Mengingat rumah ini berada di lahan seluas 40 meter persegi, pengukuran ulang antara gambar dan realita menjadi hal yang sangat penting.

Pasalnya, antara gambar dan penerapannya langsung bisa saja berbeda karena berada di lahan sempit.

Mbak Dini menjelaskan jika ukuran rumah disesuaikan, terlebih ada perbedaan tata ruang antara gambar dan realita.

Pada awalnya, di bagian bawah tangga rumah ada kamar mandi ceritanya dekat tempat dapur namun ukurannya berbeda.

“Karena di lahan terbatas, maka desain dan lapangan ada perbedaan dengan ukuran. Awalnya ada kamar mandi di dekat dapur, namun ternyata ukuran realitanya lebih pendek, mau tidak mau kamar mandi bawah dihilangkan.” lanjut Mbak Dini.

  1. Pentingnya Mengatur Visibilitas Ruang di Lahan Sempit

Meski berada di lahan sempit, penting untuk penghuni rumah dalam merencanakan tata ruang hunian termasuk mengatur visibilitas ruang.

Visibilitas ruang dalam hal ini bertujuan supaya rumah yang berada di lahan terbatas menjadi tidak terlihat sempit dan lebih terang.

Untuk mengatur visibilitas ruang yang lebih baik, Mbak Dini menambahkan skylight di atap rumah supaya terlihat lebih luas dan terbuka.

“Yang aku concern adalah rumah terang saat minta ke arsiteknya, sehingga diberikan skylight yang di atas. Kalaupun disamping-samping gitu insyallah gak bikin gelap karena mengambil cahaya dari atas rumah,” tutur Mbak Dini.

  1. Pentingnya Pemilihan Warna Cat dan Jendela untuk Menambah Kesan Terang

Prinsip bangun rumah di lahan sempit ala Rumah Numma berikutnya yang bisa kamu jadikan hal penting adalah penggunaan warna cat dan jendela rumah.

Pasalnya, Rumah Numma mengandalkan konsep rumah minimalis tropis dengan kombinasi warna putih dengan tekstur mencerahkan.

“Kita pakai catnya putih dan furnitur warna muda seperti light wood,” tambah Mbak Dini.

Selain penggunaan warna cat yang dipadukan dengan furnitur warna muda, penggunaan jendela juga menjadi hal yang penting untuk menambah kesan terang.

Adapun, Rumah Numma pada setiap sudut jendela rumah dirancang dengan ukuran yang cukup besar bahkan setara dengan pintu.

“Unsur tropis terlihat dari penggunaan jendela yang dipakai berukuran besar di lantai satu untuk menambah kesan luas untuk bawa suasana luar ke dalam, karena pada lantai bawah hanya berukuran 4×5 yang berbentuk open space,” ungkap Mbak Dini dalam wawancaranya dengan Tim Rumah123.

Selain menambah kesan terang, penggunaan jendela juga berkaitan dengan sirkulasi cahaya yang masuk dalam rumah, sehingga menjadi lebih sehat.

  1. Perencanaan Konsep Rumah yang Baik

Tips bangun rumah di lahan sempit bukan hanya terkait dengan keluasan ruang, tapi juga pada aspek fungsionalnya.

Adapun, perencanaan tata ruang rumah harus dimaksimalkan dengan baik sesuai kebutuhan sehingga tidak ada ruangan di dalam rumah yang mubazir.

“Jangan sampai ada ruangan yang mubazir, sebenarnya tidak sering terima tamu tapi bikin living room, lebih baik jadikan satu,” tambah Dini.

Selain konsep desain, kompartemen rumah juga menjadi hal yang sangat penting untuk menyimpan berbagai barang.

“Storage banyak sangat dibutuhkan untuk menyimpan barang sehingga terlihat lebih rapi di segala sisi,” lanjut Dini.

  1. Memadukan Aspek Estetika dan Fungsional untuk Sisi Eksterior

Selain interior, aspek eksterior juga tak luput dalam merencanakan tips bangun rumah di lahan terbatas ala Rumah Numma.

Penggunaan fasad roster bukan hanya sekadar nilai estetika, tapi juga memiliki aspek fungsional yang baik.

Sebab, roster depan bisa dimanfaatkan sebagai second skin dari luar sehingga pandangan orang masih bisa terhalang dari luar rumah.

Meski demikian, aspek roster tersebut tetap bisa menghasilkan kesegaran ruang yang sangat baik dan juga tetap terang.

  1. Kepraktisan Jadi Hal Penting

Untuk menunjang kebutuhan penghuni rumah, tips bangun rumah di lahan penting untuk memenuhi kepraktisan rumah.

Dalam hal ini, Mbak Dini juga dibantu oleh desain interior untuk memastikan nilai fungsional dan kepraktisan yang baik.

Adapun, faktor kepraktisan yang baik ditunjang oleh custom furnitur untuk kitchen set, kabinet, TV, perlengkapan kamar dan lain-lain dengan warna cerah.

“Aku pakai custom furniture untuk kitchen set, kabinet, tv, perlengkapan kamar dengan warna-warna cerah, supaya terlihat luas dan terkesan tidak sumpek,” lanjut Dini.

Untuk itu, sangat penting untuk milenial dalam merencanakan kompartemen rumah sehingga terlihat lebih efektif dari sudut dalam.

“Untuk rumah yang kecil gini apabila tidak dimanfaatkan dengan baik, maka akan terasa penuh karena aku juga masih awam jadi aku percayakan ahlinya,” tutur Dini.

  1. Memperhitungkan Akses Keluar Masuk Kendaraan

Bangun rumah di lahan sempit bukan perkara yang mudah untuk akses keluar masuk kendaraan, termasuk untuk Rumah Numma.

“Jadi kalo akses masuk rumah aku hanya satu mobil, dan ada tantangan masuk mobil ke dalam rumah karena garasinya standar ukuran 3×5 jadi agak sulit juga. Untuk menyikapinya jadi harus belajar lagi untuk masukin mobilnya,” ucap Dini.

Adapun, untuk uji keluar masuk garasi rumah di lahan sempit membutuhkan tiga kali percobaan untuk mencari celahnya lebih lanjut.

“Percobaan keluar masuk rumah sampai tiga kali untuk cari celahnya meski yang memarkirkan adalah suamiku,” tambah Dini.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang tips bangun rumah di lahan sempit ala Rumah Numma sebagai inspirasi pilihan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *